atap dengan fariasi warna

 

atap 2Kecantikan sebuah hunian biasanya terpancar dari luar. Salah satu elemen yang bisa menjadi daya tarik dari tampilan eksterior rumah adalah atap. Namun, saat kita mendekorasi rumah, atap sering kali terabaikan. Padahal atap bisa menambah keindahan rumah lho…

Salah satu cara mengolah elemen atap adalah dengan mengecatnya. Langkah pengecatan lebih murah dan pengerjaannya pun mudah. Mengecat atap sama dengan mengecat dinding. Perbedaannya hanya pada bahan atau jenis cat yang dipakai. Anda tinggal pilih cat khusus untuk atap yang tersedia di pasaran.

Atau jika Anda tidak ingin repot untuk melakukan pengecatan, Anda bisa memilih atap yang sudah tersedia dalam berbagai pilihan warna. Misalnya atap bitumen, atap ini memiliki banyak variasi warna seperti warna merah bata, hijau lumut, coklat, dan hitam. Pemasangannya pun mudah, hampir sama dengan atap seng. Struktur atap ini biasanya terbuat kayu, beton, maupun baja ringan.

Atap jenis ini bentuknya bergelombang berupa lembaran dan terbuat dari campuran serat alamdan aspal. Selain bobotnya yang ringan, atap bitumen juga kuat dan tidak mudah pecah karena mengandung bahan aspal dan serat selulosa (kayu/pulp). Struktur bahan dasar bitumen diproses dengan teknik penekanan dan pemanasan tinggi sehingga atap jenis ini lebih fleksibel, kuat, dan tidak mudah patah.

Selain itu, atap bitumen juga mudah dalam pemasangan. Agar tidak licin, permukaannya diberi lapisan resin dan bertekstur yang fungsinya sebagai pencegah bocor serta rembesan air yang muncul dari badan atap.

Nah, atap bitumen bisa menjadi pilihan untuk memperindah tampilan eksterior rumah Anda. warnanya yang bervariasi akan menambah estetika hunian Anda.

Pagar kayu bisa Anda pilih dan gunakan untuk melindungi rumah dan menjadi ornamen yang mampu mendukung keindahan hunian Anda. Paga jenis kayu cocok jika diterapkan pada rumah yang memiliki desain etnik. Dengan pagar kayu, rumah akan terlihat lebih eksotik dan tercipta kesan yang cantik pada pekarangan. Berikut kita bahas mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan pagar kayu untuk rumah bergaya etnik Anda:

  • Pagar kayu lebih mudah dimodifikasi dibandingkan pagar jenis lain. Pagar besi mungkin hanya bisa diganti warna catnya. Namun, pagar kayu bisa diberi ornamen penghias, seperti tanaman rambat yang dililitkan memanjang searah dengan panjang pagar. Ini juga bakal memberikan kesan yang unik bagi rumah Anda.
  • Perawatan pagar kayu tidaklah sulit. Namun, membutuhkan perhatian lebih besar ketimbang pagar jenis lain.
  • Bila Anda ingin pagar kayu tetap awet dan tahan lama, perawatannya mudah saja. Satu minggu sekali luangkan waktu untuk merawatnya. Mungkin bisa digabungkan dengan kegiatan berkebun Anda.
  • Pastikan Anda mengelap pagar kayu Anda dengan obat khusus untuk kayu agar terhindar dari jamur dan lumut. Anda juga bisa mengoleskan vernis di permukaan pagar kayu. Vernis akan mencegah tumbuhnya organisme hidup pada kayu.

Memberikan finisihing cat khusus kayu juga menjadi langkah tepat agar pagar dari material kayu tetap tahan lama, tampil menarik, natural, dan lebih eksotik.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s